Perencaanaan Keuangan Pribadi

IMG

Bicara tentang keuangan, pernah gak sih kalian mengalami yang namanya selalu minus di ahir bulan?? Atau bahkan belum sampai ahir bulan uang kalian sudah habis?? Banyak yang mengeluh dan berfikir kalau gaji selalu kurang, padahal hal ini terjadi bukan gaji kalian yang kurang tetapi perencanaan keuangan kalian yang salah. Jadi bagaimana sebenarnya perencanaan keuangan yang benar? Yuk simak satu per satu.

Bagaimana tahap awal yang harus dilakukan ?
Merencanakan keuangan yang berkaitan dengan urusan pribadi kalian, seperti contoh uang jajan kalian, uang untuk shopping, menabung, dan untuk lainnya. Semakin bertambah usia kalian tentu keperluan-keperluan yang ada menjadi semakin kompleks. Lalu bagaimana langkah awal yang harus dikakukan ? Perencanaan adalah tahap awal dalam menyusun keuangan anda.
Tentukan tujuan-tujuan yang akan dilakukan dalam jangka pendek – panjang anda, buat dalam sebuah list, lalu berapa biaya yang diperlukan untuk tujuan tersebut, sehingga kamu dapat mempersiapkan sedikit demi sedikit dari sekarang & kamu juga dapat mengurutkan setiap kebutuhan dari yang paling penting.

Mengatur Cash Flow
Terdengar mudah bukan ? tapi nyatanya sulit untuk dilakukan, karena mimin pun mengalami hal yang sama sebelumnya. Gampangnya gini, buatlah sebuah jurnal atau sebuah catatan berapa total pemasukan kalian dalam sebulan, lalu list semua pengeluaran pasti kamu dalam 1 bulan, setelah itu sisanya kamu sisihkan lagi untuk perencanaan-perencanaan yang telah kamu buat (perencanaan jangka pendek-panjang). Masih ada sisa uang? Ini tergantung dari masing masing orang, ada yang memilih untuk ditabung, investasi, bahkan malah dihabiskan untuk shopping. Tapi menurut mimin ada baiknya kalian gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat yah..

Mengatur Hutang
Siapa yang tidak punya hutang? Hmmm pastinya enak ya hidup tanpa memiliki hutang, tapi sayangnya jarang sekali orang yang hidup tanpa memiliki hutang. Cicilan HP, Motor, Mobil, Rumah dan lainnya adalah merupakan sebuah hutanng yang harus kamu lunasi secara bertahap. Atau ada juga yang mungkin berhutang uang cash. Mulai buat sebuah list apa saja hutang kamu saat ini, berapa total yang kamu perlu keluarkan setiap bulannya untuk melunasi cicilan hutang kamu. Dengan begitu kamu dapat melihat total hutang kamu. Menurut mimin nih ya, dengan adanya list ini bisa kamu jadikan sebagai alert atau pengingat, kamu bisa mengukur kemampuan keuangan kamu untuk berhutang lagi (cicilan baru) atau tidak.

Mengatur Pengeluaran Darurat
Pernakah terfikir oleh kalian jika ada situasi darurat yang mengkondisikan kamu harus mengeluarkan uang yang cukup besar? Hmmm pasti rasanya panik banget yah, dan juga kebingungan. Nah disinilah diperlukannya mengatur pengeluaran darurat, alangkah baiknya jika kalian mempunyai sebuah asuransi yang dapat mengcover pengeluaran darurat seperti asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, lainnya. Masukan daftar asuransi ini sebagai perencanaan jangka waktu dekat kalian, kapan akan memulai? Berapa nilai asuransi yang dapat kamu bayar setiap bulannya ?
Perencanaan keuangan yang baik akan membuat hidup menjadi lebih baik lagi.