Pengantin Baru, Tips mengatur keuangan setelah menikah

IMG

Tapi jangan senang dulu yah, ternyata pengantin baru itu ada banyak tugas/PR yang harus segera disiapkan loh, terutama soal bagaimana mengatur kondisi financial kedepannya. Berikut beberapa tips dalam mengatur keuangan untuk pasangan yang baru menikah :

1. Tidak ada hal yang ditutupi Berkomitmen untuk menjalani hidup bersama-sama sampai ajal memisahkan, maka suami istri harus saling terbuka satu sama lain, dan kali ini mimin akan membahas keterbukaan pasangan soal keuangan. Khususnya untuk pasangan yang keduanya masih berkerja, terbukalah soal seberapa besar gaji/pendapatan, hutang masing-masing.
Masalah keuangan di dalam sebuah rumah tangga adalah sebuah hal yang krusial, jika satu sama lain saling terbuka dalam hal keuangan, maka gak ada lagi ribut-ribut masalah keuangan. Karena menurut mimin pribadi masih banyak loh rumah tangga yang sering ribut-ribut masalah keuangan, maka dari itu lebih baik mencegah daripada mengobati.
Sekecil apapun pendapatan yang diterima oleh masing masing pasangan lebih baik saling terbuka, agar kedua pasangan dapat membuat perencanaan kedepan dengan matang.

2. Membuat aturan perencanaa financial Rumah Tangga hmmm... terlihat seperti sebuah perusahaan yah?? tapi ini gak kalah pentingnya loh. Cara mengatur keuangan dari setiap perusahaan berbeda-beda, begitu juga dengan cara mengatur keuangan dari setiap pasangan suami istri. Ada Suami yang mempercayakan masalah keuangan kepada sang istri, tetapi ada juga sebaliknya.
Nah, sebaiknya sebagai pasangan yang baru menjalankan rumah tangga, harus menentukan siapa yang akan menjadi kepala keuangan, dan merencanakan pengeluaran-pengeluaran apa saja yang diperlukan dalam jangka waktu tertentu. Misalnya menentukan pengeluaran masak/makan untuk jangka waktu 1 minggu.
Tentunya rumah tangga yang sehat adalah rumah tangga yang dapat mengelola keuangannya secara sehat dan teratur.

3. Menentukan Target keuangan Setiap pasangan suami istri baikknya mempunyai sebuah masterplan/rencana kedepan dalam segi financial. Ada 2 jenis perencanaan yang biasanya dilakukan, perencanaan jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek misalnya, perencanaan untuk memperpanjang kontrak rumah atau kost. Perencanaan untuk jangka panjang seperti biaya untuk sang buah hati menempuh pendidikan nanti.
Dengan adanya perencanaan keuangan yang dilakukan sejak dini, maka untuk kalian para pasangan baru dapat mengumpulkan uang sejak dini secara bertahap.

4. Tabungan dan investasi Gaya hidup yang boros seperti masa lajang, lebih baik dihindari untuk kalian para pengantin baru. Ingat saatnya kalian memyusun perencanaan kedepan secara matang.
Alangkah baiknya untuk mengubah gaya hidup dan pola pikir kalian, mulailah untuk mempunyai tabungan dan investasi. Sekarang ini investasi bisa dimulai dari Rp 100.000,00 kalian tidak perlu takut lagi untuk melakukan investasi, seiring dengan perkembangan teknologi sudah banyak platform-platform yang menyediakan sarana untuk kita melakukan investasi Menabung pastinya penting yaa, kalau gak ada tabungan bagaimana kalian mempersiapkan masa depan kalian?? Apalagi jika sudah memiliki sang buah hati akan ada banyak pengeluaran-pengeluaran tambahan.

5. Persiapan Dana proteksi keluarga Pastinya setiap orang tidak ada yang inin celaka atau hal hal buruk lainnya. Tapi alangkah baiknya jika kalian para pengantin baru untuk mempunyai proteksi/asuransi.
Sedia payung sebelum hujan, jika amit amit terjadi hal yang tidak diinginkan seperti sakit atau lainnya, asuransi ini yang nantinya akan mengcover pengeluaran selama masa penyembuhan. Tentunya juga asuransi ini akan mengcover pengeluaran dana dadakan, bisa kalian bayangkan jika secara mendadak harus mengeluarkan biaya besar pasti keuangan akan terguncang dan rencana yang kalian buat dengan matang bisa jadi berantakan.

6. Evaluasi pengeluaran dan pemasukan Ya sama seperti perusahaan, kalian para pengantin baru harus mempunyai laporan keuangan rumah tangga yah...
Menyimpan struk pembelian/pengeluaran, yang nantinya untuk direkap ulang untuk mengetahui secara detail apa apa saja yang kalian keluarkan. Tenang aja dijaman teknologi sekarang ini ada banyak aplikasi keuangan yang bisa diakses oleh smartphone kalian secara online.
Jika keuangan anda sehat, maka beban dalam menjalani rumah tangga akan menjadi lebih ringan & kalian para pengantin baru dapat lebih fokus untuk menjalani hidup kedepan.